Pengenalan Wood Plastic Composite (WPC)

Wood Plastic Composite (WPC)
Wood Plastic Composite (WPC)  (Sumber: arsitag.com)


Pengenalan Wood Plastic Composite (WPC)


Wood Plastic Composite (WPC) - Seiring dengan perkembangan jaman, selalu saja ada pengembangan dalam berbagai hal. begitu juga halnya dalam dunia properti. Berbagai material maupun komponen yang digunakan untuk bahan bangunan selalu mengalami evolusi. Jd tidak heran jika saat ini kita sering menemukan berbagai material sebagai bahan pengganti dari keutamaan bahannya sendiri. dalam pembahasan kali ini kita akan membicarakan  wpc sebagai bahan pengganti dari kayu untuk bahan bangunan yang sesuai dengan penempatannya.

Sekilas tentang wood plastic composite (WPC)

WPC merupakan singkatan dari (wood plastic composite), atau yang bisa diartikan sebagai komposit kayu plastik. composite ini dapat diartikan sebagai campuran. Jadi, WPC tersebut adalah perpaduan campuran antara kayu dan plastik. WPC merupakan sebuah material baru yang tersusun dari elemen kayu dan plastik yang sengaja dilebur menjadi satu dan membentuk sebuah material baru, yaitu WPC.

Rekayasa teknologi untuk menggabungkan sifat kayu dan sifat plastik, untuk mendapatkan material baru yang memiliki sifat keunggulan kedua bahan penyusunnya. Yaitu kayu yang memiliki sifat keras serta terlihat natural, dan plastik yang memiliki sifat awet. WPC mirip sekali dengan kayu dalam penampakan, bau, tekstur, tapi  juga memiliki sifat plastik yang tahan jamur, anti rayap, tahan cuaca lembab dan panas.

Fungsi dari wood plastic composite

WPC merupakan sebuah alternatif dari pengganti kayu masa kini. Mengingat harga kayu pada saat ini yang semakin meningkat dan eksploitasi penggunaan kayu membuat kita harus mulai melestarikan kayu. WPC dibuat dengan komposisi serat plastik sekitar 50% dan serbuk kayu sekitar 50%. WPC dapat memberikan fungsi yang kuat serta keindahannya yang menyerupai kayu dengan daya tahan dan kelebihan serta keunggulan polimer atau plastik. WPC dapat digunakan di area indoor maupun outdoor. namun kebanyakan memang di gunakan untuk outdoor (area terbuka). karena sifatnya yang memang sangat mendukung untuk digunakan di outdoor. WPC banyak digunakan untuk area ruangan terbuka dan basah. Misalnya di teras, taman, dan di sekitar kolam renang.



Wood Plastic Composite (WPC)

Beberapa keunggulan dari wood plastic composite

Untuk mengetahui apa saja kelebihan yang di dapat dengan menggunakan  wood plastic composite atau wpc ini, sahabat rumah ku bisa melihat beberapa pengulasan di bawah ini:
  1. kuat 
  2. anti air
  3. anti rayap
  4. anti jamur
  5. tahan lama
  6. tidak melengkung
  7. tidak mudah terbakar
  8. ramah lingkungan 
  9. Memiliki beragam motif 
  10. Mampu untuk di finishing.
Wood Plastic Composite (WPC)
Wood Plastic Composite (WPC)  (Sumber: kayuasri.com)


Demikianlah beberapa penjelasan terkait   wood plastic composite yang di sajikan oleh team rumah ku dengan tujuan untuk menginspirasi para sahabat rumah ku jika suatu saat ingin menggunakan wood plastic composite. sekian dan terima kasih. 

Note:
Mohon berikan komentar dari para sahabat rumah ku terkait artikel ini. agar team rumah ku lebih bersemangat lagi dalam menuangkan ide serta memberikan banyak inspirasi maupun informasi untuk kedepannya.


EmoticonEmoticon